Tanpa Judul

Written by Puskesmas Kemiri 0 komentar Posted in:

Dunia memang sudah tidak muda lagi. Seperti halnya manusia, semakin bertambah usia semakin rentan kondisinya. Mungkin itu yang sedang terjadi pada alam kita. Sering kita dengar atau lihat bencana yang terjadi. Dari banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, wabah penyakit, dan lain sebagainya.

Banjir menjadi bencana "langganan" di Indonesia. Apakah penyebabnya? Siapakah penyebabnya?
Tak perlu menyalahkan siapapun, kita hanya perlu instropeksi dan 'merevisi' diri kita sendiri.
Di Jakarta misalnya, banjir tak pernah terlewatkan setiap tahunnya. Sungai - sungai meluapkan air bercampur sampah yang berton - ton jumlahnya. Kita jadi bertanya-tanya, mengapa sampah selalu bermuara di sungai. Dari televisi pernah ditayangkan banyaknya warga yang membuang sampah di sungai.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sudah disosialisasikan sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Masyarakat tentu sudah mengenalnya, atau setidaknya pernah mendengarnya. Tapi untuk melaksanakan dan 'mengamalkan' seluruh item PHBS ternyata belum membudaya. Tidak mudah memang untuk mengubah perilaku di masyarakat, tapi pemerintah tak henti-hentinya mensosialisasikan PHBS.

Hanya sekedar membuang sampah saja, kadang - kadang kita lupa. Kita lihat saja disekitar kita, ada saja warga yang membuang sampah di sungai. Mereka mungkin sebenarnya tahu betul resikonya, tapi perilaku seperti itu sudah melekat. Ini menjadi tanggung jawab berbagai pihak untuk terus menggalakkan perilaku pembuangan sampah yang tepat.

Posting by DF

Label : automotive Hotels pimmy ride Phone Cell Property wallpapers Anti Vir car body design

0 komentar:

Posting Komentar